SANG AUTOKRAT

aku akan membuat mobil untuk semua orang yang harganya
rendah , sehingga tak ada yang tak mampu membelinya
-Herry Ford- ,setahun sebelum melunculrkan model T
Dengan uang $28.000 ,ia mendirikan pabrik mobil terbesar didunia ,
menyebarkan mobil dengan harga terjangkau den menggaji besar para
karyawannya.
setelah betahun-tahun tak sukses membangun perusahaan automitif , Herry Ford tetap berkeras mewujudkna mimpinya. Ia dirikan Ford Motor Company pada tahun 1903. modalnya $28.000 dari orang mendukungnya karena Herry pernah berani berperkara di pengadilan melawan orang
terkaya di Detroit . Mimpinya : memproduksi mobil berharga terjangkau, andal, dan efisien.
mula - mula , pabriknya hanya memproduksi beberapa mobil perhari. dua atau tiga orang karyawan berkerja menyelesaikan sebuah mobil . tahun 1905 dan sekitar 50 perusahaan sejenis yang sama-sama mencoba mendapatkan pasar, para pemodalnya membujuk Herry agar mencari untung dari membuat mobil buat orang kaya saja.
namun , Ford yang berasal dari daerah pertanian yang bersahaja di Michigan berpikir orang-orang yang bekerja merakit mobil juga harus mampu membeli barang yang dirakitnya supaya ,di minggu sore mereka jga bisa berjalan-jaln menyetir mobil. itu yang ada di benak Ford yang meninggalkan kampunya pada usia 16 tahun , berjalan kaki sejauh 8 mil untuk pergi ke tempat kerja pertamanya di sebuah pabrik mesin di Detroit Akhirnya alih-alih mengikuti saran itu Ford, membeli perusahaan-perusahaan lain itu.inilah langkah pertama yang akan membuat Ford menjadi bapak industri Amerika abad ke - 20 tahun 1908, Ford merilis model T yang dalam sejap menjadi primadona semua orang. mobil itu gampang dikemudikan , dirawat , dan sanggup melintas jaln yang berat
dalam tempo 10 tahun separuh mobil yang ada di Amerika adalh model T bikinan Ford dan dalam 19 tahun setelah model T diperkenalkan . Ford telah menjual 15.500.000 mobil di AS , hampir 1.000.000 dikanada , 250.000 di inggris, separuh dari total produksi otomotif dunia . cita-cita Ford menjadikan mobil bukan hanya milik kaum superkaya tercapai sudah.keunggunlan Ford sebenarnya memang bukan pada temuan-temuan dibidang otomotif , ada Walter P. Crysler, Eiiji Toyota , dan Ferdinand Porsche misalnya yangpunya visi nyaris serupa. namun tak ada yang menggungguli Ford dalam inovasi proses perakitan
tahun 1913 , Ford mengenalkan assembly line- system ban berjalan , pekerja tidak lagi berkumpul mengerjakan satu mobil hingga selesai , melaikan tetap berada di jalur mereka
masing-masing menambahkan komponen demi komponen mobil yang dilintaskan didepan mereka sistem ini dipakai di mana-mana hingga sekarang, hampir 100 tahun kemudian, sistem assembly line yang dipakai Ford memangkas jam kerja dari 12 jam menjadi hanya 93 menit.tahun 1914 ford membikin geger kalangan industri dengan menerapkan upah minimum $ 5 perhari pada saat pabrik lain menggaji karyawannya $2,3 per 9 jam.Ford bahkan memotong jam kerja menjadi 8 jam dan menetapkan jadwal kerja tiga Shift.
bagi Ford menggaji besar karyawan memang tak masalah, karena biaya pembuatan mobil terus-menerus ia turunkan.ongkos produksi sebuah model T dari semula $950 di tahun 1908 ia pangakas ke angka $290 ditahun 1927 inovasi Ford membawa dampak kian besar pada industri otomotif dan kehidupan masyarakat.diluar pabrik Ford jga mendorong terciptanya semua sarana yang kan membuat mobil kian laku, Ford mendorong lahirnya pom bensin di mana-mana ;ia berkampanye menggalakkan pembangunan jalan raya lebih bagus di AS yang kelak membuat iri negara lain
kebijakannya menaikan gajih, membuat industri berubah dan mendorong terjadinya urbanisasi. orang berbondong ke kota untuk mencari pekerjaan yang akan memberi mereka gajih yang cukup
sekaligus waktu luang untuk dinikmati, siapa yang datang ke Detroit dan diterima bekerja disalah satu pabrik Ford berarti bakalan bisa membeli mobil, maka terciptalah apa yang
disebut masyarakat kelas menengah. Herry dan istrinya Clara tinngal di Herry Ford Estate ,Fair Lane sejak tahun 1915 hingga ia menutup mata buat selamanya di usia 83 tahun. Ford putra
kebanggan punduduk Michigan yang lahir 30 juli 1863 ini meninggal di tempat tidur ketika litrik belum pulih sejah terhantam badai pada musim semi 1947
(sumber catch the sprit)